CONTOH BRD, MOCK UP, DATABASE - Aplikasi Kasir di Minimal Cafe
Business Requirement Document Cafe
1. Deskripsi Proyek
Proyek aplikasi kafe ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mengimplementasikan aplikasi kasir sebuah kafe di Salatiga. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan admin, manajer, & operator dalam mengkategorikan menu, yakni minuman dan makanan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.
2.
Lingkup Proyek
Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:
a.
Tampilan
login
Sedangkan fitur aplikasi terdiri dari:
a. Fitur
Menu
b. Fitur
laporan stok dan penjualan
c. Fitur Transaksi penjualan
3.
Kebutuhan Fungsional
3.1 Spesifikasi Kebutuhan
Aplikasi
kafe ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses
melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP).
Admin dapat mengakses semua menu, manajer bisa akses laporan stok da penjualan,
dan operator hanya bisa akses transaksi penjualan..
Fitur utama yang dapat dikelola adalah
a.
Manajemen
user Login
-
Admin
-
Manajer
-
Operator
b.
Manajemen
Menu
c.
Manajemen
Laporan Stok dan Penjualan
d. Manajemen Transaksi Penjualan.
3.2
Use Case Diagram
Gambar diatas merupakan Use Case
Diagram pada Proyek Aplikasi Cafe
yang penjelasannya sebagai berikut:
a. Use case ini terdiri dari 3 actor yang berinteraksi dengan satu sistem.
b. Admin, merupakan actor/orang yang dapat mengakses semua menu.
c. Manajer, merupakan actor/orang yang hanya bisa login dan mengakses laporan stok dan penjualan.
d. Operator, merupakan actor/orang yang hanya bisa login dan mengakses transaksi penjualan.
3.3 Entity
Relationship Diagram (ERD)
a. Program login admin, manajer, dan operator mempunyai atribut
username dan password.
b. Entitas menu mempunyai atribut makanan, minuman, dan harga.
c. Entitas Stok dan Penjualan membuyai atribut laporan atok, laporan penjualan, dan total keseluruhan.
d. Entitas ransaksi Penjualan mempunyai atribut penjualan, laporan, dan tanggal penjualan
4.
Kebutuhan Non Fungsional
Untuk
kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a.
Bisa digunakan pada PC
b.
Tampilan
user
friendly dan responsif
c.
Keamanan yang terjamin
dengan enkripsi password
d. Mudah digunakan
5. Biaya
Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen
· Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document : Rp. 200.000
· Pembuatan Desain dan Layout Web : Rp. 150.000
· Pembuatan Modul Login dan Siswa : Rp. 450.000
· Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 150.000
Total Rp. 950.000
6.
Tim
Proyek
ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:
·
Nama siswa 1 sebagai
Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document
·
Nama siswa 2 sebagai Web
Designer yang bertugas membuat desain dan layout web
·
Nama siswa 3 sebagai
Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
·
Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan
testing/pengujian terhadap aplikasi
·
Nama
siswa 5 sebagai Network
Administrator yang bertugas
deployment aplikasi ke server
7.
Penjadwalan
Proyek
Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline
sebagai berikut
Komponen |
Pekan
1 |
Pekan
2 |
Pekan
3 |
Pekan
4 |
Pekan 5 |
Pembuatan
BRD |
|
|
|
|
|
Desain
& Layout |
|
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
|
Testing
& Deployment |
|
|
|
|
|
MODEL MOCK UP CAFE
1. Contoh Tampilan Login
DESAIN TABEL DATABASE
1. Pastikan sudah mengaktifkan XAMMP
2. Masuk ke web localhost
3. Buat data baru dengan data_cafe
4. Selanjutnya, buat data :
- user
- makanan
- minuman
- bahan_baku
- penjualan
- transaksi_penjualan
Komentar
Posting Komentar